Laman

Senin, 30 Maret 2015

Cara Sukses Dalam Memulai Beternak Bebek Untuk Pemula 2015

Cara Memulai Beternak Bebek - Beternak bebek merupakan suatu bisnis yang cukup menjanjikan di tahun 2015 , karena bebek termasuk hewan ternak jenis unggas yang cukup kebal dari serangan penyakit dan tahan terhadap perubahan cuaca. Selain itu pengadaan pakan untuk ternak bebek lebih mudah dibandingkan ternak ayam., dan untuk pemasaran bebek juga sangatlah luas, karna daging dan telur bebek mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi.

Dalam beternak kita bisa memulainya dengan menyiapkan kandang terlebih dahulu yang disesuaikan dengan volume atau jumlah bebek yang akan kita ternak, kandang bisanya terbuat dari bambu yang disekat sekat,  usahakan memilih lokasi yang sejuk dan dekat dari sumber air karena peran air sangat penting dalam beternak. Kemudian langkah selanjutnya adalah memilih bibit DOD dengan harga Rp 3.800 untuk DOD betina , dan Rp 3.400 untuk DOD jantan sedangkan untuk harga bebek siap telur sendiri berkisar antara Rp 43.000 - Rp 50.000 per ekor.

bebek dewasa

Pada saat DOD memasuki usia 1- 3 minggu, usahakan DOD dalam keadaan hangat terutama pada waktu malam hari, untuk menjaga suhu agar tetap hangat kita bisa lakukan dengan memasang lampu ditengah tengah kandang, dan yang paling terpenting adalah penyediaan air di kandang. Jangan sampai tempat minum itik kering, karena itik membutuhkan persediaan minum yang banyak, selain itu kebersihan juga harus dijaga agar DOD tidak gampang terserang penyakit.

Cara sukses dalam beternak bebek untuk pemula adalah dengan Cara Angon Bebek : Memasuki usia 4 - 6 minggu kita juga bisa melanjutkan ternak bebek secara ekstensif yakni beternak secara berpindah pindah, cara ini dimaksudkan untuk menekan biaya pakan yang relatif besar saat bebek tumbuh besar. karena usia bebek juga mempengarui besarnya biaya pakan. Cara ini disebut dengan angon atau angon bebek. Kita bisa mencari lokasi persawahan yang mulai panen, jadi dengan cara angon ini kita tidak perlu keluar uang untuk biaya pakan, biasanya para peternak angon dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore. Kelebihan cara angon ini adalah selain untuk menekan biaya pakan, bebek yg di angon daerah persawahan lebih sehat sehat daripada bebek yang diternak didalam kandang karena pakan bebek angon adalah alami dan lebih bergizi, kotoran dari bebek angonpun juga tidak terlalu bau karna yang dimakan adalah bersumber dari alam. 

Saran saya bila kita menginginkan keuntungan yang lebih dalam usaha beternak bebek adalah dikombinasikan dengan cara ekstensif , sebab bebek tergolong hewan yang mempunyai nafsu makan yang tinggi dan takaran yang banyak. Pasca panen beternak bebek itu sendiri tergantung dari suplay makanan sehari hari sebab pakan juga mempengarui pertumbuhan. Rata rata peternak bebek bisa panen di usia 3 bulan keatas baru bebek siap untuk bertelur. Telur bebek sendiri sangat diminati oleh masyarakat karena gizinya yang tinggi dan dapat diolah menjadi telur asin.

Demikian sekilas tentang cara memulai beternak bebek dan untuk teman teman dari jawa timur atau jawa tengah yang ingin mencari bebek siap telur bisa hubungi saya via email : permadi.180@gmail.com 
atau bisa BBM saya di 7F8981FD . Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar